Senin, 15 Agustus 2016

Manfaat Kayu Gaharu

Gaharu mempunyai kandungan damar wangi yang akan mengeluarkan aroma harus yang khas. Aromanya itulah yang sangat digemari oleh sebagian basar masyarakat Timur Tengah,Uni Emirat, Saudi Arabia, Yaman, Korea , Oman, Jepang  dan daratan Cina. Selain itu, kayu gaharu juga memiliki kelebihan lainnya untuk berbagai kebutuhan lainnya.


 https://www.tokopedia.com/oleh2borneo/tasbih-gaharu-33


manfaat kayu gaharu untuk kesehatan

Kayu gaharu dibutuhkan untuk bahan baku di dalam industri parfum, dupa, obat-obatan, pengawet, kosmetika serta asesoris guna keperluan acara keagamaan, kayu gaharu sudah sangat lama digunakan bagi para  pemeluk agama yang menganut agama hindu maupun budha.

Namun kayu gaharu yang mempunyai khasiat utama yaitu Gubal Gaharu dengan aroma wangi yang sangat khas yang di keluarkan dari tanaman ini, adapun khasiat kayu gaharu antara lain :

– Khasiat kayu gaharu sebagaikegiatan kebudayaan agama-agama besar di dunia (terutama agama Budha, Islam, Hindu, Nashrani, Konghucu,dan lainnya).

– Sebagai parfum, yang berbau wangi dengan ciri khas alami jauh lebih tahan lama.
– Aroma terapi yang alami atau herbal yang khas menjadikan khasiat kayu gaharusebagai aroma terapi untuk kesegaran dan kebugaran tubuh.
– Di bidang kosmetik, khasiat kayu gaharuadalah untuk bahan baku pembuatan sabun, shampoo dan lain sebagainya.

– Untuk koleksi pribadi maupun untuk barang yang dianggap sangat bernilai dan bermutu jual yang lumayan tinggi.

– Kecuali khasiat kayu gaharuyang di terangkan diatas,Gaharu juga sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh, bagian daunnya dapat digunakan untuk teh maupun jamu tradisional apabila di rebus.


gelang kayu gaharu merah


Di dalam dunia bisnis, kayu gaharu begitu prospektif.Jangka waktu antara 8 sampai 10 tahun,proses Inokulasi atau menyuntikkan cendawan/serum/bakteri kedalam batang Gaharu dalam jangka umur 4 sampai 5 tahun digunakan guna merangsang pertumbuhan yang semakin cepat Gubal Gaharu mempunyai nilai jual yang cukup tinggi).

Pokok batang dari tanaman Gaharu dapat menghasilkan pendapatan yang  minimal antara 5 sampai 10 juta, masa panen dilakukan ketika diameter batang kurang lebih 15 cm sedangkan tinggi berkisar 7 meter. Harga satu batang kayu gaharu diperkirakan sekitar Rp 30.000, untuk jarak tanam yang ideal tanaman ini adalah 3 x 3 m dan bersertifikat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keutamaan Berkurban

 Sumber : Rumah Yatim Indonesia Idul Adha adalah puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh uma...