Langsung ke konten utama

Aneka Sarung Nusantara


1      Sarung Bugis
https://www.tokopedia.com/oleh2borneo/sarung-samarinda-motif-hatta

Sarung Sutra Bugis merupakan salah satu kerajinan tangan khas Asli dari Bugis yang terbuat dari Sutra yang dihasilkan oleh Ulat Sutra.

Ulat sutra atau biasa di sebut Kokon merupakan tekstur dinamis yang bernilai. Kenapa tidak rupanya Sarung sutra itu berasal dari ulat sutra yang menghasilkan benang mengkilap. Dari sehelai benang ulat sutra tersebut lalu di tenun secara tradisional sehinnga menghasilkan lembaran kain sutra yang indah dan cantik.

Sarung sutra yang asli sebenarnya gampang-gampang susah untuk menilainya. Namun sutra yang terdapat di Sulawesi utamanya daerah bugis, yang dikenal sih bugis Sengkang karena disana terbentuk dari koperasi kelompok tani. Tetapi kita asumsikan saja semua orang Bugis. Karena di Soppeng, Bone dan Bulukumba masih ada penenun tradisional.

Ragam dan motif Sarung Tenun Sutra juga berbeda-beda. Jadi bila anda ingin belanja sarung tenun sutra cukup menanyakan motif warna yang diinginkan. Karena Kain sutra biasanya bermotif sangat variatif. Jadi susah deh ...menceritakan gambaran motifnya. Buanyak sekali!


1     Sarung Buton

https://www.tokopedia.com/oleh2borneo/sarung-dayak

Kerajinan tenunan di Baubau  sudah menjadi mata pencarian kaum hawanya, khususnya bagi mereka yang sudah lansia. Hal itu dibuktikan dengan salah satu produk tenunnya berupa Sarung Samasili Sulaa yang  merupakan hasil tenunan Kelurahan Sulaa Kecamatan Betoambari yang memiliki corak khas bunga berwarna.
Sarung Sulaa sangat unik, karena bermotif bunga, biasanya bercorak bunga berwarna sangat menyita waktu sehingga tingkat kesulitannya sangat tinggi
Untuk membuat sarung tenun Sulaa yang bermotif bunga tersebut memerlukan ketekunan dan ekstra hati-hati. Pasalnya, selain menenun, juga diperlukan kelincahan tangan memegang jarum untuk membuat motif bunga atau kembang-kembang tersebut, mengingat biasanyanya motif hanya berbentuk garis lurus-lurus atau petak-petak.
Begitu juga dengan waktu pengerjaannya, Halimah mengatakan untuk pengerjaan sarung tenun bermotif bunga-bunga ini memerlukan waktu berkisar satu minggu per lembarnya. Makanya, untuk membeli sarung ini kebanyakan dipesan terlebih dahulu mengingat waktu pengerajaannya yang begitu lama.




1      Sarung Bima
https://www.tokopedia.com/oleh2borneo/sarung-samarinda-murah

Tembe Nggoli adalah sarung tenun tangan khas Bima, dibuat dari benang kapas (katun), dengan warna-warni yang cerah dan bermotif khas sarung tenun tangan.
Keistimewaanya Tembe Nggoli antara lain:
* Hangat
* Halus dan lembut
* Tidak mudah kusut
* Warna cemerlang lebih lama

Saat ini, Tembe Nggoli sudah diproduksi dalam berbagai macam corak dan motif. Ada yang \'biasa\' (untuk dipakai sehari-hari), dan ada pula yang istimewa yang hanya dipakai pada acara-acara resmi.

Bagi orang Bima, memakai sarung lazim dilakukan baik oleh kaum pria maupun wanita. Wanita Bima memakai sarung sebagai \'bawahan\', bahkan masih ada yang menggunakan dua buah sarung, yang disebut \"rimpu\". Rimpu adalah cara wanita Bima menutup aurat bagian atas dengan sarung sehingga hanya kelihatan mata atau wajahnya saja. Rimpu yang hanya kelihatan mata disebut \"rimpu mpida\".

Cara memakai sarung antara pria dan wanita berbeda. Bagi kaum pria, sarung dipakai seperti layaknya kaum pria di Indonesia lainnya, yaitu digulung ketat pada perut/pinggang, yang disebut \"katente\". Bagi kaum wanita, sarung tidak digulung melainkan dilipat dan diselipkan (dijepit agar tidak terlepas), yang disebut \"sanggentu\". Selain itu perbedaan juga terletak pada posisi \"bali\" (yaitu bagian sarung yang diberi warna/motif berbeda, biasanya ditaruh pada bagian belakang ketika dipakai). Bagi kaum pria, \'bali\' diletakkan agak ke kanan, sedangkan bagi kaum wanita \'bali\' diletakkan agak ke kiri. Pemahaman tentang letak \'bali\' ini menunjukkan tingkat pengetahuan pemakai sarung, atau menunjukkan ketelitiannya dalam berpakaian.

Masyarakat Bima juga menggunakan sarung sebagai selimut ketika tidur. Masyarakat yang tradisional bahkan tidak pernah atau tidak suka menggunakan selimut yang biasa, tetapi lebih nyaman menggunakan sarungnya yang hangat.

Kini, sarung Bima atau Tembe Nggoli banyak dijadikan koleksi atau oleh-oleh khas dari Bima.



1   Sarung Donggala
https://www.tokopedia.com/oleh2borneo/sarung-samarinda-murah

Sarung Donggala adalah kain tenun khas daerah Donggala , yang disebut Buya Sabe
Bunyi hentakan balida yang bertemu dengan pasak alat tenun tradisional adalah bunyi suara khas Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Donggala. Balida adalah sebuah kayu ulin atau ebony panjang yang menjadi pemberat di tengah lipatan kain tenun saat penenun memasukkan benang-benang.
Buya Sabe atau Sarung Donggala, yang bahan bakunya benang sutra. Dibuat oleh para perempuan paruh baya berusia 50 – 60 tahun dan  gadis remaja berusia 12-20 tahun.

Coraknya beragam. Antara lain, kain palekat garusu, buya bomba, buya sabe, kombinasi bomba dan sabe.Corak Buya bomba yang paling sulit, dapat membutuhkan waktu pengerjaan hingga dua bulan. Berbeda dengan corak lainnya hanya  minggu saja.
Tenun Buya Sabe bisa ditemukan di sepanjang Limboro, Salu Bomba, Tosale, Towale dan Kolakola di sebelah barat Kota Donggala




Sarung Samarinda
https://www.tokopedia.com/oleh2borneo/sarung-samarinda-motif-hatta

Sarung Samarinda ini merupakan salah satu kerajinan tangan khas Samarinda. Sarung Samarinda adalah jenis kain tenunan tradisional khas Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Sarung ini dibuat dengan cara ditenun dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang disebut Gedokan. Produk yang dihasilkan untuk satu buah sarung memakan waktu hingga berminggu-minggu, tak heran bila harga sarung samarinda tenun bisa mencapai ratusan ribu rupiah. 

Lokasi pengrajin sarung Samarinda terletak di Gang Pertenunan Rt.02 di Kelurahan Mesjid, Kecamatan Samarinda Seberang. Daerah ini menjadi sentral kerajinan tenun Sarung Samarinda dan pada pertengahan bulan Maret 2012 lalu, kawasan ini dicanangkan sebagai percontohan Kampung Pengrajin untuk dijadikan tujuan wisata nasional. Di kawasan ini, pengunjung dapat berwisata dengan melihat langsung proses pembuatan tenun Sarung Samarinda, sambil membeli sarungnya sebagai buah tangan.
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stop Kekerasan Pada Anak

Pengertian Kekerasan Mari kita telusuri dahulu apa sebenarya kekerasan itu. Pengertian kekerasan menurut Anita lie (dalam Suyanto, 2002) menyatakan bahwa kekerasan adalah suatu perilaku yang disengaja oleh seorang individu pada individu lain dan memungkinkan menyebabkan kerugian fisik dan psikologi. Kekerasan adalah tindakan intimidasi yang dilakukan pihak yang lebih kuat terhadap pihak yang lebih lemah, kekerasan dapat mengambil beragam bentuk yaitu kekerasan fisik, mental dan seksual. Pengertian Kekerasan Terhadap Anak Kekerasan terhadap anak-anak atau child abuse pada mulanya berasal dari dunia kedokteran sekitar tahun 1946. Caffey seorang radiologist melaporkan cedera yang berupa gejala-gejala klinis seperti patah tulang panjang yang majemuk pada anak-anak atau bayi yang disertai perdarahan subdural tanpa mengetahui sebabnya, dalam dunia kedokteran kasus ini dikenal dengan istilah caffey syndrome (Suyanto, 2002). Sekarang istilah tersebut lebih dikenal dengan Child Abus…

Humor Ambon

OMA PINK

Satu hari bagini ada Oma Mince lewat deng dia pung motor metic..
Pas lampu merah Oma pun berhenti, tp waktu lampu ijo manyala oma seng jalan.
Akhirnya polantas datang tegur Oma.

Polantas: "Oma... itu sudah lampu ijo kenapa seng jalan?"
Oma: "Beta ada tunggu beta punk warna kesukaan ini nyong e "
Polantas: "Barang oma suka warna apa??"
Oma: PINK gitu Loh!

Hahahaeee...


OPA ROMANTIS

Opa ni tiap kali panggel oma selalu deng panggilan darling, sayang, honey...
-opa: darling su makang...???
-opa: sayang tehnya mana...???
-opa: honey mau ikut...???
-cucu: Opa ni paleng romantis paskali eee... akang pung rahasia apa??
-opa: sssssstttttt mari sini opa bisi-bisi,,, se jang bilang2 par oma eee...???
-cucu: barang kanapa Opa...???
-opa: Opa su lupa Oma pung nama...



NONA PU PILIHAN

Lia Nona manis di sablah, Nyong Ambon langsung sok akrab
“Adik manis, boleh beta bertanya? Tipe pria yang kamu sukai yang seperti apa sih?”
“Aku suka pria Jawa. Mereka lembut da…