Selasa, 28 Januari 2014

Sesiahan ( Adat pertemuan muda-mudi di Lampung )




Sesiahan adat muda mudi  LAMPUNG berpacaran tempo dulu yang dilakukan saat malam  setelah sholat Isya hingga menjelang sholat subuh.



Mekhanai ( Pria/bujang ) akan mendatangi rumah si gadis tapi hanya diluar rumah. Si bujang akan mengetuk ngetuk dengan halus dinding kamar, yang umumnya terbuat dari papan kayu untuk memberi tahu si gadis kalau ada pria yang menaksirnya, lalu setelah itu jika si gadis berminat maka dia akan menyambut ketukan pria diluar tersebut.

Lalu setelah itu terjadilah perkenalan lalu percakapan yang hanya di lakukan secara berbisik dengan tetap terpisah oleh dinding . Percakapan pun di mulai dengan berbagai macam tema , yang tentunya di sertai rayuan dan senda gurau ataupun saling memuji dari kedua belah pihak, bahkan hingga pantun yang saling berbalas ..,

Sesihan ini bila saling cocok bisa terjadi hingga subuh baru akan berakhir, jika mereka telah saling mengenal seadanya, dan merasa cocok dalam berbincang,mereka akan melakukan sesiahan berulang ulkang kali di waktu yang berbeda.

Jika telah beberapa kali sesiahan antara mereka sudah merasa saling cocok dan saling mempunyai

Perasaan saling menyukai,maka di aturlah janji untuk bertemu muka atau bertemu secara langsung yang di sebut BUKHASAN


Sumber : Saluang ( Hery Al Khusairi )

1 komentar:

Keutamaan Berkurban

 Sumber : Rumah Yatim Indonesia Idul Adha adalah puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh uma...