Langsung ke konten utama

Senangnya Jumpa Penulis Kalimantan Timur


Unjuk karya 

Silaturahmi memang selalu membawa berkah. Tak beda dengan silaturahmi yang digelar komunitas menulis Perempuan Penulis Kaltim pada Jum’at, 01 November 2013. Pertemuan bulanan pertama Perempuan Penulis Kaltim atau yang akrab disebut dengan PMeski sudah sering kali mengadakan pertemuan, namun pertemuan kali ini sedikit berbeda. Tanya kenapa? Karena ini adalah pertemuan rutin bulanan pertama yang dilakukan PPK. Sebelumnya pertemuan PPK dilaksanakan kondisional jika ada hal khusus yang perlu dibicarakan.

Pertemuan bulanan pertama yang digagas PPK tersebut dilaksanakan di rumah salah satu pengurus PPK, Haziah Ans. Tepatnya di Jl. Pemuda IV, Gg. Hj. Nusu. Pertemuan dimulai setelah sholat ashar hingga hampir menjelang maghrib.
Hadir dalam acara ini ketua FLP Yaman, Arul Chairullah, penulis buku kumpulan cerpen Akasia dan Lelaki dalam Kisah, Imam Dairoby Mashur, beberapa mahasiswa STAIN Samarinda dan tentunya anggota PPK sendiri.

Dengan hadirnya banyak penulis dari berbagai kalangan dan latar belakang berbeda, maka tak diragukan lagi keseruan acara ini. Ada sharing menarik tentang bagaimana cara menembus media nasional dari Arul Chairullah, yang salah satu cerpennya berhasil terbit di Republika. Ada info update dari Haziah Ans tentang genre naskah anak yang sedang dicari penerbit. Ada tips-tips menarik dari Imam Dairoby Mashur tentang bagaimana menuliskan pengalaman menjadi sebuah cerpen yang apik.

Dan ada beragam sharing info lain yang
tentunya sangat bermanfaat.

Selain sharing dunia tulis menulis dan penerbitan, di akhir sesi diadakan kuis dengan hadiah buku-buku keren milik anggota PPK. Hal ini menambah keseruan acara yang memang dikemas santai dan penuh kekeluargaan ini.

Waktunya kuis!



Waktunya kuis!Selain dapat hadiah bagi pemenang kuis, semua yang hadir dapat info-info keren terupdate tentang dunia kepenulisan dan yang tak kalah penting adalah munculnya motivasi bagi semua yang hadir untuk terus menulis dan menghasilkan karya yang bermanfaat untuk bangsa.




Sumber : PPK

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stop Kekerasan Pada Anak

Pengertian Kekerasan Mari kita telusuri dahulu apa sebenarya kekerasan itu. Pengertian kekerasan menurut Anita lie (dalam Suyanto, 2002) menyatakan bahwa kekerasan adalah suatu perilaku yang disengaja oleh seorang individu pada individu lain dan memungkinkan menyebabkan kerugian fisik dan psikologi. Kekerasan adalah tindakan intimidasi yang dilakukan pihak yang lebih kuat terhadap pihak yang lebih lemah, kekerasan dapat mengambil beragam bentuk yaitu kekerasan fisik, mental dan seksual. Pengertian Kekerasan Terhadap Anak Kekerasan terhadap anak-anak atau child abuse pada mulanya berasal dari dunia kedokteran sekitar tahun 1946. Caffey seorang radiologist melaporkan cedera yang berupa gejala-gejala klinis seperti patah tulang panjang yang majemuk pada anak-anak atau bayi yang disertai perdarahan subdural tanpa mengetahui sebabnya, dalam dunia kedokteran kasus ini dikenal dengan istilah caffey syndrome (Suyanto, 2002). Sekarang istilah tersebut lebih dikenal dengan Child Abus…

Aneka Sarung Nusantara

1Sarung Bugis
Sarung Sutra Bugis merupakan salah satu kerajinan tangan khas Asli dari Bugis yang terbuat dari Sutra yang dihasilkan oleh Ulat Sutra.

Ulat sutra atau biasa di sebut Kokon merupakan tekstur dinamis yang bernilai. Kenapa tidak rupanya Sarung sutra itu berasal dari ulat sutra yang menghasilkan benang mengkilap. Dari sehelai benang ulat sutra tersebut lalu di tenun secara tradisional sehinnga menghasilkan lembaran kain sutra yang indah dan cantik.

Sarung sutra yang asli sebenarnya gampang-gampang susah untuk menilainya. Namun sutra yang terdapat di Sulawesi utamanya daerah bugis, yang dikenal sih bugis Sengkang karena disana terbentuk dari koperasi kelompok tani. Tetapi kita asumsikan saja semua orang Bugis. Karena di Soppeng, Bone dan Bulukumba masih ada penenun tradisional.

Ragam dan motif Sarung Tenun Sutra juga berbeda-beda. Jadi bila anda ingin belanja sarung tenun sutra cukup menanyakan motif warna yang diinginkan. Karena Kain sutra biasanya bermotif sangat variatif. J…

Humor Ambon

OMA PINK

Satu hari bagini ada Oma Mince lewat deng dia pung motor metic..
Pas lampu merah Oma pun berhenti, tp waktu lampu ijo manyala oma seng jalan.
Akhirnya polantas datang tegur Oma.

Polantas: "Oma... itu sudah lampu ijo kenapa seng jalan?"
Oma: "Beta ada tunggu beta punk warna kesukaan ini nyong e "
Polantas: "Barang oma suka warna apa??"
Oma: PINK gitu Loh!

Hahahaeee...


OPA ROMANTIS

Opa ni tiap kali panggel oma selalu deng panggilan darling, sayang, honey...
-opa: darling su makang...???
-opa: sayang tehnya mana...???
-opa: honey mau ikut...???
-cucu: Opa ni paleng romantis paskali eee... akang pung rahasia apa??
-opa: sssssstttttt mari sini opa bisi-bisi,,, se jang bilang2 par oma eee...???
-cucu: barang kanapa Opa...???
-opa: Opa su lupa Oma pung nama...



NONA PU PILIHAN

Lia Nona manis di sablah, Nyong Ambon langsung sok akrab
“Adik manis, boleh beta bertanya? Tipe pria yang kamu sukai yang seperti apa sih?”
“Aku suka pria Jawa. Mereka lembut da…