Langsung ke konten utama

12 Ribu Penari di Sail Komodo Indonesia Buton 2013





Sebanyak 12.500 penari menyambut peserta Sail Indonesia Komodo 2013, yang tiba di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (sultra), Rabu (21/8).

Sail Indonesia yang telah dilepas dari Darwin, Australia sejak (27/07) pukul 11 pagi waktu setempat, akan berlayar menuju Pulau Komodo dan berakhir pada (9/10). Namun dalam pelayarannya, mereka  singgah selama tiga hari di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Mari Elka Pangestu, yang menghadiri acara ini sempat melihat langsung kegiatan Ekonomi Kreatif dari masyarakat di Buton.

Gubernur Sulawesi tenggara Nur Alam, Rabu (21/08/2013) mengapresiasi langsung kedatangan Mari Elka Pangestu di Buton. “Biasanya Menteri Pariwisata hanya datang ke Jogja dan Bali, di dua tempat tersebut memang terkenal tempat pariwisatanya. Tetapi kalau di Buton ini belum terkenal, dan kami sangat bersyukur karena Ibu Menteri mau datang ke sini,” katanya.

Mari Elka Pangestu mengaku merasa takjub dengan keindahan alam yang ada di Buton. “Saya hanya bisa setengah hari disini, tetapi Buton ini cukup indah. Dari Bandara menuju Buton, saya juga sudah melihat kegiatan perekonomian masyarakatnya luar biasa,” ungkapnya seraya berharap bisa kembali ke Buton untuk mencoba keindahan bawah laut di Buton.
Buton merupakan salah satu kota pusaka karena memiliki kesultanan  dengan pusat pemerintahan utama di keraton Buton.

Kesultanan Buton sudah ada sejak 1538 dengan Sultan pertama bernama Lakilaponto yang sekaligus menjadi raja terakhir di Buton.

Untuk melindungi Buton dari serangan luar, dibuatlah sebuah benteng khusus yang panjangnya mencapai 3 km sekaligus menjadi benteng keraton terluas di dunia.

Di luar benteng utama yang melindungi pusat keraton tersebut, juga terdapat benteng-benteng kecil di sekeliling Buton sehingga wilayah tersebut juga dikenal dengan sebutan negeri seribu benteng.

"Di Buton ini, kita tidak hanya bisa menyelam dan snorkling, tetapi ada daya tarik sejarah, budaya, dan kuliner, serta seni pertunjukan tari dan percampuran budaya. Semua dihadirkan secara lengkap di sini," ujarnya.

Untuk mengapresiasi kekayaan budaya dan wisata bahari yang ada di Buton, Mari berencana membuat film dokumenter mengenai potensi wisata di daerah tersebut.

"Dalam kunjungan pertama ini, saya membawa 3 orang untuk membuat film tentang daerah ini."

Dengan segala potensinya tersebut, Buton juga menjadi salah satu kota yang disinggahi oleh Sail Komodo Indonesia yang melakukan pelayaran untuk menjelajahi sekaligus mempromosikan wisata bahari, budaya, dan wisata alam di Indonesia.

Dapatkan buku :
LELAKI DALAM KISAH






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stop Kekerasan Pada Anak

Pengertian Kekerasan Mari kita telusuri dahulu apa sebenarya kekerasan itu. Pengertian kekerasan menurut Anita lie (dalam Suyanto, 2002) menyatakan bahwa kekerasan adalah suatu perilaku yang disengaja oleh seorang individu pada individu lain dan memungkinkan menyebabkan kerugian fisik dan psikologi. Kekerasan adalah tindakan intimidasi yang dilakukan pihak yang lebih kuat terhadap pihak yang lebih lemah, kekerasan dapat mengambil beragam bentuk yaitu kekerasan fisik, mental dan seksual. Pengertian Kekerasan Terhadap Anak Kekerasan terhadap anak-anak atau child abuse pada mulanya berasal dari dunia kedokteran sekitar tahun 1946. Caffey seorang radiologist melaporkan cedera yang berupa gejala-gejala klinis seperti patah tulang panjang yang majemuk pada anak-anak atau bayi yang disertai perdarahan subdural tanpa mengetahui sebabnya, dalam dunia kedokteran kasus ini dikenal dengan istilah caffey syndrome (Suyanto, 2002). Sekarang istilah tersebut lebih dikenal dengan Child Abus…

Aneka Sarung Nusantara

1Sarung Bugis
Sarung Sutra Bugis merupakan salah satu kerajinan tangan khas Asli dari Bugis yang terbuat dari Sutra yang dihasilkan oleh Ulat Sutra.

Ulat sutra atau biasa di sebut Kokon merupakan tekstur dinamis yang bernilai. Kenapa tidak rupanya Sarung sutra itu berasal dari ulat sutra yang menghasilkan benang mengkilap. Dari sehelai benang ulat sutra tersebut lalu di tenun secara tradisional sehinnga menghasilkan lembaran kain sutra yang indah dan cantik.

Sarung sutra yang asli sebenarnya gampang-gampang susah untuk menilainya. Namun sutra yang terdapat di Sulawesi utamanya daerah bugis, yang dikenal sih bugis Sengkang karena disana terbentuk dari koperasi kelompok tani. Tetapi kita asumsikan saja semua orang Bugis. Karena di Soppeng, Bone dan Bulukumba masih ada penenun tradisional.

Ragam dan motif Sarung Tenun Sutra juga berbeda-beda. Jadi bila anda ingin belanja sarung tenun sutra cukup menanyakan motif warna yang diinginkan. Karena Kain sutra biasanya bermotif sangat variatif. J…

Humor Ambon

OMA PINK

Satu hari bagini ada Oma Mince lewat deng dia pung motor metic..
Pas lampu merah Oma pun berhenti, tp waktu lampu ijo manyala oma seng jalan.
Akhirnya polantas datang tegur Oma.

Polantas: "Oma... itu sudah lampu ijo kenapa seng jalan?"
Oma: "Beta ada tunggu beta punk warna kesukaan ini nyong e "
Polantas: "Barang oma suka warna apa??"
Oma: PINK gitu Loh!

Hahahaeee...


OPA ROMANTIS

Opa ni tiap kali panggel oma selalu deng panggilan darling, sayang, honey...
-opa: darling su makang...???
-opa: sayang tehnya mana...???
-opa: honey mau ikut...???
-cucu: Opa ni paleng romantis paskali eee... akang pung rahasia apa??
-opa: sssssstttttt mari sini opa bisi-bisi,,, se jang bilang2 par oma eee...???
-cucu: barang kanapa Opa...???
-opa: Opa su lupa Oma pung nama...



NONA PU PILIHAN

Lia Nona manis di sablah, Nyong Ambon langsung sok akrab
“Adik manis, boleh beta bertanya? Tipe pria yang kamu sukai yang seperti apa sih?”
“Aku suka pria Jawa. Mereka lembut da…