Jumat, 08 Maret 2013

3 Fase Menuju Sukses

Berbagi Tulisan karya Mas Nur Muhamadian

Sebenarnya hanya dibutuhkan tiga fase untuk sukses atau bahagia. Ketiga fase ini adalah syarat utama yang harus dijalani.

1. Punya kemauan, atau bersedia, atau available.
Fase pertama ini adalah yang paling sulit, karena sedikit sekali orang yang punya cukup kemauan untuk sukses. Pada fase ini orang lain yang dibutuhkan adalah seorang motivator, yang membantu menggugah membangkitkan kemauan untuk berubah.

2. Memutuskan, atau menentukan pilihan.
Pada fase inilah niat ditetapkan. Setelah memiliki kemauan yang kuat, untuk sukses seseorang harus fokus pada arah yang dipilih. Dia harus memilih arah atau jalan menuju sukses yang paling efektif bagi dirinya, yang paling sesuai. Pada fase ini yang dibutuhkan adalah seorang coach. Tugas coach di fase ini adalah membantu mengenali diri sendiri serta  sadar akan passion dan potensi, sehingga lebih mudah menentukan pilihan atau mengambil keputusan.

3. Tindakan atau Action
Setelah memiliki arah yang jelas, niat yang kuat, maka harus segera bertindak. Pada fase tindakan yang dibutuhkan adalah seorang coach atau mentor yang membimbing dan memberi saran-saran tindakan.

Motivator, coach, atau mentor bisa dilakukan orang yang sama, dan tidak selalu harus ada. Seseorang bisa juga menjadi motivator dirinya sendiri. 

Perbedaan coach dengan mentor adalah :
1. Coach membantu memilih berdasarkan pilihan-pilihan yang sudah ada di benak clientnya, sedangkan mentor menyodorkan menu pilihan dan memberi saran pilihan yang terbaik.
2. Coach tidak mengarahkan client sesuai nilai yang diyakini sang coach  dan membebaskan client dengan nilainya sendiri, sedangkan mentor mengarahkan client menggunakan nilai-nilai sang mentor.

Ketiga fase ini harus dilewati, bisa secara serial, paralel atau simultan. Untuk awal ketiga fase harus dilewati secara berurutan, dan selanjutnya bisa dilakukan secara acak sesuai kebutuhan.

Mudah dan sederhana khan...? Bila merasa bingung dan rumit, segera saja dimulai fase pertama…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keutamaan Berkurban

 Sumber : Rumah Yatim Indonesia Idul Adha adalah puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh uma...