Minggu, 28 Oktober 2012

Too Hard to be start

Ungkapan itu sering bersarang dalam pikiranku, terlebih dalam menulis. Begitu banyak inspirasi yang ada ketika saya sedang melihat, mendengar, membaca atau pun sekelebat yang ada dalam benak. Ketika jemari sudah berada di atas tuts keyboard tiba-tiba semua blank, hilang dan jemari untuk beberapa saat mengambang di atas keyboard komputer.

Berbagai pertanyaan dan keluhan kadang mengembara di alam pikiran. Hal itu semakin jelas bergejolak ketika suatu saat saya selesai membaca karya orang lain. Beban kadang mengelayuti , karena merasa apa yang akan saya tulis tak sebagus atau tak sekelas dengan buku yang barusan saya baca.

Akhirnya semangat yang ada untuk menulis jadi mengendor dan sulit menggerakan jemari. Begitu pula ketika mendengar dan melihat bahwa ada sahabat yang telah berhasil dalam membuat sebuah karya dan ulasan tentang karyanya ada di mana-mana, hal itu beberapa jenak memacu saya untuk menulis. Tetapi setelah akan menulis kembali dalam pikiran bergumul pertanyaan, apa bisa nanti saya seperti sahabat saya, tulisannya sangat bagus, sangat berkelas.

Dan Jemari itu pun kembali kaku di atas keyboard. Padahal segelas kopi dan beberapa batang rokok sudah habis ( yang ini dont try this at home ya ......).

Kesulitan saya seperti itu dan berulang-ulang, akhirnya solusi untuk diri saya sendiri ketika saya akan menulis sedapat mungkin saya tak membaca atau melihat karya orang lain, agar dalam diri punya rasa percaya diri utk menulis ( kalo gak bisa disebut kepedean...... ).

Ternyata ada kelemahan dalam diri saya yang cenderung selalu membandingkan diri dengan orang lain, dan kadang merasa apa yang saya akan lakukan sama sekali tak sebagus atau sekelas karya sahabat lainnya.

Alhasil saya akan membaca karya sahabat atau karya penulis-penulis terkenal saat saya merasa tidak sebagai penulis, dan memposisikan diri saya sebagai pembaca. Lumayan, trik ini sedikit berhasil untuk memulai membuat sebuah karya.Dan berhasil membuat awal yang tak begitu sulit untuk menulis.

Salam Menulis.

Yang ingin menerbitkan buku gratis KLIK DI SINI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keutamaan Berkurban

 Sumber : Rumah Yatim Indonesia Idul Adha adalah puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh uma...