Minggu, 28 Oktober 2012

Too Hard to be start

Ungkapan itu sering bersarang dalam pikiranku, terlebih dalam menulis. Begitu banyak inspirasi yang ada ketika saya sedang melihat, mendengar, membaca atau pun sekelebat yang ada dalam benak. Ketika jemari sudah berada di atas tuts keyboard tiba-tiba semua blank, hilang dan jemari untuk beberapa saat mengambang di atas keyboard komputer.

Berbagai pertanyaan dan keluhan kadang mengembara di alam pikiran. Hal itu semakin jelas bergejolak ketika suatu saat saya selesai membaca karya orang lain. Beban kadang mengelayuti , karena merasa apa yang akan saya tulis tak sebagus atau tak sekelas dengan buku yang barusan saya baca.

Akhirnya semangat yang ada untuk menulis jadi mengendor dan sulit menggerakan jemari. Begitu pula ketika mendengar dan melihat bahwa ada sahabat yang telah berhasil dalam membuat sebuah karya dan ulasan tentang karyanya ada di mana-mana, hal itu beberapa jenak memacu saya untuk menulis. Tetapi setelah akan menulis kembali dalam pikiran bergumul pertanyaan, apa bisa nanti saya seperti sahabat saya, tulisannya sangat bagus, sangat berkelas.

Dan Jemari itu pun kembali kaku di atas keyboard. Padahal segelas kopi dan beberapa batang rokok sudah habis ( yang ini dont try this at home ya ......).

Kesulitan saya seperti itu dan berulang-ulang, akhirnya solusi untuk diri saya sendiri ketika saya akan menulis sedapat mungkin saya tak membaca atau melihat karya orang lain, agar dalam diri punya rasa percaya diri utk menulis ( kalo gak bisa disebut kepedean...... ).

Ternyata ada kelemahan dalam diri saya yang cenderung selalu membandingkan diri dengan orang lain, dan kadang merasa apa yang saya akan lakukan sama sekali tak sebagus atau sekelas karya sahabat lainnya.

Alhasil saya akan membaca karya sahabat atau karya penulis-penulis terkenal saat saya merasa tidak sebagai penulis, dan memposisikan diri saya sebagai pembaca. Lumayan, trik ini sedikit berhasil untuk memulai membuat sebuah karya.Dan berhasil membuat awal yang tak begitu sulit untuk menulis.

Salam Menulis.

Yang ingin menerbitkan buku gratis KLIK DI SINI


Sabtu, 27 Oktober 2012

MOB Papua

Ada 2 pace ada santai  di atas bukit saat bulan terang
Moshe : "Yaaa...bulan pu baguseeeee"

Afles : " Iyo Moshe...kato bapa guru dong Neil Amstrong su mandarat di sana..."
Moshe : " nanti katong orang papua brangkat ka Matahari sa ( tra mo kalah sampe......)
Afles : " wuih.....ko gila...matahari pu panas saja...."
Moshe : " Ko tu tra pake otak.....kitong brangkat Malam to...."
Afles : ???????@##%$%^^&&%



Ingin terbitkan buku gratis Klik disini

Rabu, 24 Oktober 2012

Kalimat Indah

Akasia

Kalimat-kalimat Indah dari Rumah Akasia

Persahabatan adalah seperti BUKU. Butuh beberapa detik untuk membakar, tapi waktu bertahun-tahun untuk menulis

You're tougher than anything life throws your way & you are

Penemuan terbesar adalah bila orang-orang sanggup mengubah keadaan mereka dengan mengubah cara berpikir mereka

Jika niat sudah terpancang karena Allah, tidak akan ada halangan yang bisa menghentikan seseorang melakukan sesuatu

Niat karena Allah ialah motivator yang utama dan seharusnya menjadi satu-satunya motivator kita

Apa sesal menanam padi,menanam padi ditepi rawa.Apa pangkal miskin negeri, korupsi-kolusi merajalela 

Kesuksesan bukan kunci dr kebahagian.kebahagian kunci dari kesuksesan.jk Anda mencintai apa yg anda kerjakan,Anda akan sukses

bahagia adalah disaat kita dapat tersenyum dengan tulus :)  

Mengingat-ingat kesalahan sendiri, berguna bagi perbaikan diri. Mengingat-ingat kesalahan orang lain, bisa merusak hati. 

Lelahku moga menjadi pelajaran bahwa cinta bukan sesuatu yang mudah di dapat

Jika Kamu ingin Menyerah ingat 3 Kata Sakti yaitu "JANGAN PERNAH MENYERAH

Kecenderungan "ingin di terima" ternyata berefek tak baik. Walau cenderung ego dan arogan tetapi "be your self" adalah yg terbaik.

Rebahkan dirimu dalam kepasrahan untuk masyuk dalam kesabaran

Harapan kosong jauh lebih menyakitkan daripada sebuah penolakan

Kadang kamu harus berhenti peduli pada seseorang, bukan karena membencinya, tapi karena dia tak pernah menyadari pedulimu

Tak peduli seberapa burukpun harimu, sadarilah bahwa malam yg gelap pun tak sebanding dengan indahnya cahaya pagi

Tak perlu khawatirkan apa yg diucapkan org, krn terkadang apa yg tdk mereka ucapkan itulah yg lbh penting

Upah bohong adalah malu, upah dusta adalah tak dipercaya

Harus serius menjalaninya, itulah permulaan sebuah kesungguhan yang akan berujung pada kesuksesan

Minggu, 21 Oktober 2012

Burung pun Akan Lelah Terbang


          

 Cerita Pendek Karya : Imam dairoby Mashur.


          “ Hidup mu kok bagai burung,” suara di telepon bernada protes.
           “ Tak inginkah kamu menetap di suatu tempat, kasihan anak-anakmu,” kembali suara protes mbak ku yang bermukim di Luwuk memborbardir.
         “ Pengen nya sih Mbak,” jawabku sekenanya. Entah karena nasib atau memang karena aku menikmati kehidupan yang menjelajahi nusantara sehingga protes mbak ku tak ku anggap.
            Dalam 10 tahun mengarungi rumah tangga, sudah berapa kota dan propinsi yang ku singgahi. Bukan sekedar singgah tetapi menetap dan paling lama adalah satu tahun. 

Sabtu, 20 Oktober 2012

Kata-kata mutiara


Hari ini sebelum kita mengatakan kata-kata yang tidak baik,
Fikirkan tentang seseorang yang tidak dapat berkata-kata sama sekali.
 

Sebelum kita mengeluh tentang rasa dari makanan,
Fikirkan tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan.
 

Sebelum anda mengeluh tidak punya apa-apa,
Fikirkan tentang seseorang yang meminta-minta dijalanan.
 

Sebelum kita mengeluh bahawa kita buruk,
Fikirkan tentang seseorang yang berada pada keadaan yang terburuk di dalam hidupnya.
 

Sebelum mengeluh tentang suami atau isteri anda,
Fikirkan tentang seseorang yang memohon kepada Tuhan untuk diberikan teman hidup.
 

Hari ini sebelum kita mengeluh tentang hidup,
Fikirkan tentang seseorang yang meninggal terlalu cepat.
 

Sebelum kita mengeluh tentang anak-anak kita,
Fikirkan tentang seseorang yang sangat ingin mempunyai anak tetapi dirinya mandul.
 

Sebelum kita mengeluh tentang rumah yang kotor kerana pembantu tidak mengerjakan tugasnya,
Fikirkan tentang orang-orang yang tinggal dijalanan.
 

Dan di saat kita letih dan mengeluh tentang pekerjaan,
Fikirkan tentang pengangguran, orang-orang cacat yang berharap mereka mempunyai pekerjaan seperti kita.
 

Sebelum kita menunjukkan jari dan menyalahkan orang lain,
Ingatlah bahawa tidak ada seorangpun yang tidak berdosa.
 

Dan ketika kita sedang bersedih dan hidup dalam kesusahan,
Tersenyum dan berterima kasihlah kepada Tuhan bahawa kita masih hidup ! 


Ingin terbitkan buku gratis Klik disini 

Jumat, 19 Oktober 2012

Ayo Berkunjung Ke Kutai Barat




Oleh : Imam Dairoby
Ingin terbitkan buku gratis Klik disini

Daerah kutai barat adalah pemekaran dari kab. Kutai Kertanegara. Untuk mencapainya kita bisa melalui darat dengan bis selama 7-9 jam, atau bisa melalui sungai mahakam memakai kapal penumpang dari kayu selama 12 jam dari Samarinda. Nah yang mau naik pesawat juga ada. Lengkap deh
 
Di daerah kutai barat banyak sekali tempat yang bisa di jadikan wisata alam, seperti air terjun, taman anggrek atau bunker2 peninggalan belanda yang banyak tersebar di kota sendawar.
Sempat mengabadikan beberapa gambar walau mengabadikannya masih memakai kamera dari Blackberry yang sy punya. Tetapi setidaknya saya bisa merekam keindahan panorama di Kutai Barat.

Oh iya, setiap Sabtu malam di Taman Budaya kota sendawar selalu ada acara yang berisi Musik Tradisional sama tari. Musik Rijoq dan tari dari suku dayak selalu menghiasi malam mingguan di sana. Saya sangat salut dengan pemerintah Kab. Kutai Barat karena dengan adanya acara tersebut seni budaya lokal bisa berkembang. Apa lagi setiap perhelatannya di gilir penyelenggaranya dari tiap kecamatan.
Dan itu bisa menumbuhkan sanggar-sanggar seni di kecamatan-kecamatan, yg akhirnya akan melestarikan seni dan budaya setempat. Berikut beberapa hasil jepretan keindahan Kutai Barat.

Beberapa hasil jepretan saya :

Patung Macan Dahan


13504522911035556382 
 13504521331905205194
Lamin( Rumah Adat )
1350451475358677839
Air Terjun


13504507531495354221
1350451577127669451 
Bunker Peninggalan Belanda
1350452185823818098 
Big Tree
1350452230800569608 
Butterfly

Kamis, 18 Oktober 2012

Ever Since The World Began Lyric



By : Survivor

 I'll never know what brought me here
As if somebody led my hand
It seems I hardly had to steer
My course was planned

And destiny it guides us all

And by its hand we rise and fall
But only for a moment
Time enough to catch our breath again

And we're just another piece of the puzzle

Just another part of the plan
How one life touches the other
It's so hard to understand
Still we walk this road together
We travel, go as far as we can
And we have waited for this moment to die
Ever since the world began

Takin' in the times gone by

We wonder how it all began
We'll never know and still we try
To understand

And even though the seasons change

The reasons shall remain the same
It's love that keeps us holdin' on
Till we can see the sun again

And we're just another piece of the puzzle

Just another part of the plan
And we have waited for this moment to die
Ever since the world began

And I stand alone, a man of stone

Against the driving rain
And the night it's got your number
And the wind it has your name
And we settle dues
Win or lose
To whisper all the same
The hope still burns eternal
We're the keeper of the flame

And we're just another piece of the puzzle

Just another part of the plan
How one life touches the other
It's so hard to understand
Still we walk this road together
We travel, go as far as we can
And we have waited for this moment to die
Ever since the world began.


The Inspire song always hear from my beloved brother.....YFSM

Rabu, 17 Oktober 2012

Water Falls on Sendawar Kutai Barat



Pagi sangat sejuk, mata masih ngantuk karena begadang semalam. terbangun karena ketukan roomboy mengantarkan makanan kecil dan teh untuk sarapan. Segera ku raih handuk untuk mandi ketika roomboy telah keluar. Selesai mandi dan sarapan tak berapa lama pintu di ketuk, dan senyum mengembang di balik pintu. Ah aku lupa ternyata hari ini saudara angkatku akan mengajak berkeliling melihat beberapa air terjun yang ada di sekitar Sendawar.

Ku kemasi tasku, dan kami berangkat bersama. jeprat-jepret sana sini dengan kamera Hand phone ku. Lumayan lah keindahan air terjun sudah dapat ku rekam, dan melihat betapa masih banyak keindahan yang ada di bumi nusantara.

Ayo siapa mau mengunjunginya....silahkan, tapi tentu bagi mereka yang suka akan tantangan. karena medannya lumayan berat.






Selasa, 16 Oktober 2012

Kepribadian dari Lauk nyo ( Humor Padang )


Pillihan lauk di RM Padang bisa cerminkan Kepribadian
Tahukah anda bahwa karakter seseorang bisa diintip dari pilihan lauknya di RM Padang ? Yuk tengok, analisa dari Uda Matonyo Adoduo berikut ini…. :
Rendang : Kamu orangnya suka main aman, mudah terbawa tren, dan sering menolong orang.
Ayam Pop : Tidak suka hal yang rumit, cari pacar suka yang lebih muda, mengikuti tren yang sedang populer.
Gulai Kepala Kakap : Selalu ingin yang terbaik, mempunyai jiwa leadership yg kuat, mempunyai standar tinggi.
Gulai Otak : Mencintai keindahan, memuja kecerdasan, dalam hubungan cinta biasa jadi yang dominan.
Ikan Bakar : Multitasking, mudah memberi saran, tapi agak susah mendapat pasangan.
Telur Ikan : Orangnya ngemong, pengetahuannya luas, sayang matanya suka jelalatan kalo lg jalan ama pacar.
Kikil : Orangnya beranian, jarang sakit-sakitan, dan move-on nya lama.
Paru Goreng : Tandanya suka becanda, memahami sesuatu secara mendalam, gak sabaran.
Telor Dadar : Bersahaja, menyukai hal-hal detail, sedikit obsesif sama wewangian.
Daging Cincang : Tidak tegaan, lumayan rajin beribadah, susah berkomitmen.
Gulai Sotong : Suka hal baru, mampu bersaing, dan banyak mau.
Gulai Ayam : Ekstrovert, disenangi teman2, kalau dalam hubungan jadi pihak yang pasif.
Ayam Goreng/Bakar : Hobi traveling, penampilannya edgy, moody.
Dendeng Batokok : Orangnya kritis, ramah, dan senang bersepeda.
Udang : Fleksibel, workaholic, tapi bosenan.
Perkedel Kentang : hmmmm.., tandanya duit di dompetnya kurang dari Rp. 10.000,- . :p=D=))  *Cerius amat ceeh mbacanya…* :p

Utu pe kuda nama Rina ( Humor Manado )


Waktu Utu da baca koran, Mince depe bini datang toki deng sondo Utu pe kapala….
Utu: “kypa ngana pukul kita pe kapala dang?!,”
Mince: “Tadi waktu da ba cuci baju kita da dapa kertas pa     ngana pe calana da tulis Rina, ngana pe hugel itu kang?,”
Utu: “Oh iyo kote, nga masi inga waktu kita da bilang da pi ba uni lomba pacuan kuda di Tompaso minggu lalu?!, Nah… Rina itu tu kuda da juara pe nama…,”
(Serta dengar bagitu mince langsung minta maaf pa Utu kong pi momasa ulang di dapur)
Depe besok pagi pas Utu sementara ba baca koran, plang-plang Mince ba dekat kong dia toki Utu p kapala deng blanga…
Plaaakkkk!!!
Utu: “kypa ley ngana ini, hah…?!! Org da ba badiang ngana datang toki deng blanga.??,”
Mince: “Tadi ngana pe kuda da ba telepon,”

Oma Gaul ( Humor Manado )


Cucu : “Omaaaaa…! omaaaaaa…!”
Oma : “kyapa ngana babataria, oma blum pongo ee…”
Cucu : “Opa so meninggal tadi oma..!” (sambil menangis)
Oma : “Pinjam dang ngana p HP nda lama..”
Cucu : “Keluarga deng opa p tamang2 mama deng papa so kase kabar samua, oma mo telp pa sapa le..?”
Oma : “Nda,… oma cuma mo robah status facebook dari “menikah” jadi “lajang”…
Cucu : Hahahaaaa

Senin, 15 Oktober 2012

Kersik Luway, Taman Anggrek di Kutai Barat

Oleh : Imam Dairoby

Ingin terbitkan buku gratis Klik disini
1344480984623279197





Perjalanan sepanjang 9 jam dari Samarinda ke Kab. Kutai Barat melalui jalan darat adalah pengalaman yang tak terlupakan. Dengan memakai Jasa Bis dengan harga ticket sebesar Rp. 80.000 anda akan terbawa sensasi bagaimana buruknya transportasi darat di Provinsi yang katanya terkaya.

Minggu, 14 Oktober 2012

Tole Deng Delivery Order Mc D ( Canda Manado )

Humor Saja

Tole     : " Halo...Mekdi ?
Mc D   : " Iya, Pesan apa ..?
Tole     : " ada Ayam..?
Mc D   : “ Ada..!
Tole     : “ Bole mo se manyabung deng tape ayam..?
Mc D   : ??????????
( Tole ba Telpon Ulang )
Tole     : “ Mekdi ini ?”
Mc D   : “ ini ngana tu tadi kang, Jang baku sedu ne …!!
Tole     : “ Mo tanya makanan ini…masih ada ayam ?
Mc D   : “ ada..!!”
Tole     : “ Nasi deng Es krim dang ?”
Mc D   : “ Masi lengkap…”
Tole     : “ Kasiang katu kang nyanda laku …”
Mc D   : “ SETANK ngana !!!!!”
( sadiki lei Tole ba telpon ulang )
Tole     : “ Mekdi ini ?”
Mc D   : “ ngana setang putar tadi kang …!!
Tole     : “ iyo, mo tanya ngoni buka 24 jam ?
Mc D   : “ iyo kiapa so.!!”
Tole     : “ nyanda..Cuma kasiang katu ngoni nyanda tidor kang?”
Mc D   : “ Gggrrrrrhhhh……” ( Marah skali kwa tu petugas )
( Tole nyanda kapok..dia ba telpon ulang )
Tole     : “ Mekdi ini ?”
Mc D   : “ Woi..ngana macam2 kita cari kong kita tikang pa ngana…!!
Tole     : “ butul komang ini mo pesan makang ?
Mc D   : “ jang baku sedu , makanan apa !!!!!!.!!”
Tole     : “ Ada tempe penyet ??”
Mc D   : “ Gggrrrrrhhhh…setang ngana !!!!!!…” ( So lebe Marah tu petugas )
( Tole belum kapok dia ba telpon ulang )
Tole     : “ Mekdi ini ?”
Mc D   : “ Apa lei ngana..nya’ da hambak…!!
Tole     : “ butul komang kali ini mo kita mo pesan makang ?
Mc D   : “  makanan apa setang !!!!!!.!!”
Tole     : “ Ada ayam to di situ ??”
Mc D   : “ Ada no…” ( so percaya kalo tole mo makang )
Tole     : “ Bole mo bicara deng dia ???”
Mc D   : Gubrak….@#$%^@&@*@@*@((( ( Pingsan )

Hahahahahhahah have a nice week end

 Ingin terbitkan buku gratis Klik disini

Dapatkan buku terbaruku
Lelaki dalam kisah

 

Sabtu, 13 Oktober 2012

Ketika Semua Indra Bersatu Membuat Sebuah Karya



( Keberagaman itu indah kan ? )

Salah satu tulisan saya di buku : Proses Kreatif Menulis


Saat melihat sebuah lomba menulis tentang Kenangan Terindah Masa Sekolah di grup Afsof Publiser, senyum simpul segera tersungging di bibir. Memori dalam otak segera memutar beberapa slide yang bergerak dan saling bertumpuk karena begitu banyaknya kenangan yang bersemayam dalam benak.
        Senyuman yang manis tadi selanjutnya menjadi sebuah kernyit kebingungan menghiasi dahi karena harus memilih kenangan mana yang pantas di bagi kepada para pembaca tulisan saya nantinya. Saat dalam pikiran saya telah memilih sebuah kenangan, tiba-tiba kenangan lain menyerobot seakan  saling berlomba untuk di pilih.
    Pada akhirnya saya harus memberikan beberapa kriteria pada kenangan yang menari-nari di kepala yaitu kenangan  yang dapat memberi nilai lebih kepada pembacanya, bukan sekedar kenangan yang bisa mengorek kenangan pembaca pada kisah terindah yang di alaminya  sendiri.
      Terpilihnya kenangan saat  duduk di sekolah dasar saya anggap sebuah kelayakan yang bisa memotivasi pembaca untuk lebih menghormati segala perbedaan yang ada dalam lingkungan kita. Perbedaan yang terkadang menimbulkan sebuah pergolakan secara sosial, yang berujung pada anarkhi dan pelecehan pada simbol-simbol estetika.
      Kenangan itu pun akhirnya menari-nari dalam benak yang terkadang terlalu cepat bergerak sehingga menimbulkan sedikit kesulitan dalam menuangkannya dalam sebuah tulisan. Berulang-ulang kali kalimat yang telah terangkai dalam tulisan harus di delete karena terasa tak mewakili apa yang di rasa saat itu.
     Terasa ada beban berat juga dalam menulis kenangan itu, karena saya harus menuliskan sebuah fakta bahwa pada saat sekolah dasar saya berdoa dengan doa yang tak sesuai dengan keyakinan diri sendiri. Bisa jadi itu dapat menimbulkan syak wasangka yang berlebih terhadap diri saya. Bahkan bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri.
      Tetapi beban itu dapat saya tepis dengan sebuah niat bahwa semoga saja kisah kenangan yang saya tulis ini bisa menggugah kepada siapa pun bahwa sebuah perbedaan tak akan menyurutkan jalinan persahabatan yang di landasi rasa saling menghormati dan tak saling memaksakan kehendak apalagi keyakinan.
       Semakin tak terbebani, semakin lancar untuk menuangkan kenangan itu pada sebuah tulisan. Sengaja saya memasukkan dialog yang  fiktif agar tulisan ini mengena dan  pesan yang terkias dalam tulisan kenangan itu tersampaikan secara gamblang pada yang membacanya.
       Sebenarnya saat itu saya ingin memasukkan beberapa kosa kata bahasa Manado agar semakin terasa “real” kenangan itu dalam bentuk tulisan . Karena melihat begitu globalnya pembaca natinya, niat itu saya urungkan dan menggantinya dengan bahasa Indonesia yang bisa mewakili dan membuat “real” tulisan saya.
          Kesulitan terakhir dan ini selalu menjadi kesulitan saat saya menulis apa pun adalah membuat “judul”. Begitu sulitnya sampai memberi judul pada tulisan saya mengenai Kenangan Terindah Masa Sekolah itu harus melewatkan waktu berhari-hari.
      Isi tulisan bisa beribu kalimat dapat saya kerjakan dalam waktu beberapa jam, tetapi judul tulisan yang hanya beberapa kata saja harus berhari-hari saya memikirkannya.
        Ini dikarenakan beberapa kata itu harus mewakili sekian ribu kata yang terkandung dalam tulisan tadi. Membaca berulang kali tulisan saya dan mencari kata-kata yang tepat membuat pelipis saya berkerut hingga bisa menjadi penuaan dini pada dahi.
        Sebuah judul sederhana bersarang juga , dan dengan penuh keyakinan tiga buah kata bertengger di atas tulisan saya tentang kenangan terindah masa sekolah. KEBERAGAMAN ITU INDAH, menjadi sebuah judul yang dapat mencerminkan isi dari tulisan dan dapat memudahkan pembaca menemukan inti dari tulisan itu dengan sekilas membaca judulnya.
      Dan “Keberagaman itu indah” ternyata patut bersanding dengan 18 tulisan lainnya yang di torehkan oleh tangan-tangan penulis handal. Ada kebanggaan pada akhirnya bila tulisan itu nantinya bisa menginspirasi dan menginfluence pembacanya.
       Tak dapat di pungkiri bahwa berwarna itu lebih indah dari pada satu warna, dan beragam itu lebih banyak artinya dari pada seragam.
 

Keutamaan Berkurban

 Sumber : Rumah Yatim Indonesia Idul Adha adalah puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh uma...