Jumat, 29 Juni 2012

Manfaat AEROBIK




Salah satu olahraga yang saat ini yang paling populer adalah aerobik. Salah satu versi yang kita tahu adalah yang biasa kita lihat dan dipraktikkan di tempat-tempat gym, sebuah kelompok yang sering dipimpin oleh seorang instruktur dan diisi dengan berbagai alunan musik.


Namun, aerobik sebenarnya mencakup lebih banyak kegiatan fisik daripada yang anda lihat. Berjalan, jogging, bersepeda, menari, berenang, basket, ski dan aktivitas fisik lainnya, semua bisa dikategorikan sebagai aerobik.

Secara sedehana aerobik adalah setiap aktivitas fisik yang dilakukan dengan tingkat intensitas sedang dan jangka waktu yang tidak terlalu panjang. Kegiatan yang sering diselingi dengan istirahat tidak dianggap sebagai aerobik (seperti melakukan sprint 100 meter).


Manfaat utama

Pada dasarnya, gerakan aerobik diarahkan agar jantung terpompa lebih cepat daripada biasanya, dan membuat anda bernafas lebih cepat. Mempekerjakan jantung dengan cara ini akan membuatnya lebih kuat dan lebih efisien dalam membantu sirkulasi dalam tubuh.

Karena sirkulasi yang efisien, suasana hati dari orang yang melakukan olahraga menjadi baik, dan tubuh semakin berenergi.

Di dalam tubuh, jumlah sel darah merah juga akan meningkat sehingga sistem pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih efisien.

Selain dari jantung yang sehat dan sistem sirkulasi yang efisien, otot-otot pun dapat terlatih untuk daya tahan.

Pada gilirannya, gerakan aerobik akan memperkuat otot-otot, terutama yang berkaitan dengan respirasi seperti aliran keluar masuknya udara dari paru-paru. Secara keseluruhan, otot-otot tubuh akan menjadi kencang yang lagi-lagi akan meningkatkan sirkulasi dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Dalam aerobik high-impact (seperti jogging atau lompat tali), tulang akan terus dirangsang untuk tumbuh sehingga dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis pada pria dan wanita.

Manfaat lain

Gara-gara aerobik, ada ada banyak manfaat 'penurunan' yang terjadi dalam tubuh. Pertama, ada penurunan yang dapat diukur (dan kadang-kadang hilang) dari resiko penyakit jantung.

Ada juga penurunan tekanan darah (untuk yang hipertensi) serta jumlah yang lebih rendah di tingkat kolesterol. Sebagaimana dinyatakan, ini adalah sebagian dari poin-poin penting yang membantu mengurangi risiko seseorang dalam memiliki penyakit jantung.

Karena mengencangkan otot-otot pernafasan dan penurunan dari semua unsur buruk dalam sistem peredaran darah, orang-orang yang melakukan aerobik akan dapat menghilangkan masalah mereka seperti kesulitan bernafas dan gampang lelah.


Kabar baik yang lainnya adalah bahwa mereka yang melakukan aerobik dapat menekan masalah kecemasan dan rawan depresi. Olahraga, khususnya yang ringan saja, dapat menghasilkan endorfin, yang dapat membangun mood. 

Aerobik juga dapat membantu mereka yang sulit tidur.

Karena aerobik membakar lemak, sudah pasti dapat membantu penderita obesitas untuk menurunkan berat badan. Aerobik adalah salah satu olahraga yang ideal untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Para praktisi medis tahu bahwa olahraga teratur dapat bermanfaat bagi sebagian besar masyarakat, bahkan bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu (seperti asma). Tak lupa, seseorang harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apa program latihan aerobik yang terbaik dan apa yang harus dihindari.

Sumber : http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keutamaan Berkurban

 Sumber : Rumah Yatim Indonesia Idul Adha adalah puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh uma...